Rabu, 25 Februari 2015

Cara Mudah Menginstal Komputer

Cara Mudah Menginstal komputer atau Laptop



Hai.. berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya ingin berbagi pengetahuan sedikit tentang cara menginstal komputer atau laptop yang sama saja cara instalnya. Tapi ada sih sedikit perbedaannya, berbeda ketika akan masuk ke sistem boot nya saja, keseluruhan hampir sama saja. Sebenarnya ini sudah banyak sih yang memposting tetapi saya ingin memberikan cara yang lebih mudah diikuti oleh sobat karena saya pernah mencobanya sendiri, daripada kalian harus membayar Rp.50.000 kepada akang yang sering nginstal ulang komputer kan mahal.
Karena saya seorang mahasiswa, saya tau lah sebagian temen-temen lagi banyak tugas, lalu komputernya bermasalah, seperti sistemnya eror atau terlalu banyak virus lalu kalian kesal pengen di install ulang, dan kebetula ga punya uang. meningan kalian install ulang sendiri supaya murah.
Supaya ga banyak basa basi kita langsung ajah liat caranya, dan sebelum itu kalian harus punya CD instalannya dulu itu bisa kalian pinjem ke temen kamu sendiri kalau ada yang punya tapi kalau engga kalian bisa beli di tempat jual CD terdekat biasanya ada di tempat yang jualan CD game palingan kalian Cuma modal Rp.10.000 sampe Rp.20.000 lah karna beda tempat jual biasanya beda harga jadi cari aja tempat jual yang murah. 


Caranya langsung aja kita liat di bawah ini:

1.         kamu nyalakan komputernya terlebih dahulu lalu masukkan CD instalannya.
2.         Restart kembali komputernya.
3.      Ketika windows starting kamu klik enter atau F1 karna beda computer biasanya beda beda jadi liat aja, pokonya masuk dulu ke system boot. Biasanya ada di pojok kiri bawah ada petunjuk agar masuk ke sistem boot jadi liat aja.
4.      Lalu masuk ke sistem boot, ubah  1st boot device nya jadi CDROM (agar ketika membooting yang dibaca pertama kali CDROM dulu.



5.          bila sudah selesai klik F10 untuk save and exit, dan tunggu sampai merestart kembali.
6.          Tunggu sampai (press any key) seperti pada gambar tekan apa saja pada keyboard.



7.      Selanjutnya akan muncul install windows. Bila ada bahas Indonesia ubah saja, tetapi bila tidak pakai bahas inggris saja sesuaikan dengan gambar. Lalu tekan Next


8.          Lalu tekan install now


9.          Centang dulu I accept the license terms agar biasa Next.


10.     Pilih custom, ini akan memproses windows dari awal, sehingga akan seperti baru kembali dan akan menghapus semua sistem yang lama.


11.   Bila sudah nanti akan muncul seperti pada gambar dibawah. Kalian bisa memilih partisi yang akan di isi windows 7. Sekarang format dulu partisi C nya karena biasanya setiap komputer menggunakan C sebagai tempat instalan windows dan program-program lainnya. Caranya klik saja Drive option (advanced). Sesudah itu klik lagi partisi C tersebut kemudian klik Next.


Sebagai info saja, local disk (C) sebaiknya di khususkan sebagai tempat windows dan semua program atau aplikasi yang akan kalian instal pada kompuer, saran saya data penting lainnya seperti tugas, music atau data film sebaiknya kalian tempatkan pada partisi D atau E, agar komputer-nya tidak lemot, dan juga lebih baik jangan terlalu banyak menginstal program yang tidak penting agar komputer kalian tetap cepat seperti baru di instal.   

12.     Bila sudah tinggal tunggu proses menginstal saja sampai selesai.




13.     Setelah itu komputer akan merestart sendiri, lalu masukan user name sesuai yang kalian inginkan dan tekan Next.


14.      Password bila ingin memakainya silahkan isi tapi bila tidak biarkan saja tetap kosong.


15.      Masukan product key yang ada pada CD windows-nya lalu klik Next.


16.      Selanjutnya ini sesuai selera, tetapi saya menyarankan “Ask Me Leter”.


17.      Pada bagian ini pilih zona waktunya, lalu klik Next.


18.     Bila sudah semua tinggal keluarkan CD nya, selesai tinggal mengatur kompter sesuai dengan keinginan. 

semoga bermanfaat :)

2 komentar: